Surau TV

Banner

Tiga Hari Lagi

Perayaan Imlek Jadi Ajang Promosi Wisata Meranti

Image
Tuesday, 13 February 2018 | 08:32:53 WIB


SELATPANJANG - Tiga hari lagi, yakni Jumat 16 Februari 2018, masyarakat tionghoa akan merayakan tahun baru imlek 2569 yang menjadi peruntungan shio anjing tanah. Untuk kelancaran perayaan itu, Pemda Kepulauan Meranti menggelar rapat final, Senin 12 Februari 2018.

Rapat yang digelar di Aula Kantor Bupati Kepulauan Meranti itu, dihadiri sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yakni Sekda Yulian Norwis, Wakil Ketua DPRD Muzamil, Kepolisian, OPD terkait dan organisasi masyarakat.

Sekda yang memimpin rapat menjelaskan, saat perayaan Imlek di Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya di Kota Selatpanjang, terdapat iven perang air atau Cian Cui. Iven itu bermula dari kebiasaan warga tionghoa saling menyiram air saat berkeliling Kota Selatpanjang.

"Cian cui ini cepat berkembang dan menjadi iven besar yang mampu memperkenalkan Kabupaten Kepulauan Meranti hingga ke manca negara, bahkan mampu mengalahkan pesta songkran di Thailand," kata Sekda Yulian Norwis.

Untuk kelancaran pelaksanaan iven itu, Sekda mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjaga keamanan dan kerukunan, karena menurutnya, sukses iven tersebut adalah suksesnya Kabupaten Kepulauan Meranti.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua DPRD yang juga Ketua LAMR Kepulauan Meranti, Muzamil. Menurutnya, rapat finalisasi persiapan imlek, bertujuan agar iven wisata yang ada didalamnya berjalan lancar dan meninggalkan kesan yang baik bagi wisatawan yang datang.

Dijelaskannya, iven Cian cui bukanlah tradisi warga tionghoa, namun melainkan sebuah iven penarik wisatawan, yang dikembangkan karena Kepulauan Meranti masih minim destinasi wisata, seperti pantai dengan pasir yang bagus.

"Dengan iven ini lah cara kita memperkenalkan Kepulauan Meranti, seperti berkoordinasi dengan pihak Sriwijaya Air yang nantinya akan hadir dan meliput kegiatan iven ini, dan juga akan mencari tau apa yang layak mereka promosikan dari Kepulauan Meranti," kata Muzamil.

Selaku unsur pimpinan DPRD, Muzamil berharap agar masyarakat dapat memberikan kesan yang baik bagi para pengunjung di daerah ini, sehingga juga mampu memperkenalkan berbagai kuliner khas daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sementara itu, pejabat Polres Kepulauan Meranti dalam rapat mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan sistem pengamanan secara maksimal, sehingga mampu memberikan kenyamanan, baik bagi masyarakat lokal maupun para wisatawan.

Sumber : mcr

Laporan : -

Editor : Red

loading...